About


Thursday, February 7, 2013

Cara Mengubah Bilangan Biner Ke Desimal

Tips dan trik mengkonversi bilangan biner ke teks. pertama-tama saya mencoba menjelaskan apa itu bilangan biner..?
bilangan biner adalah sistem bilangan yang menggunakan suatu bilangan dasar atau basis (Radix ) tertentu.
untuk bilangan biner menggunakan basis 2, menggunakan 2 macam simbol bilangan berbentuk 2 digit angka yaitu 0 & 1.



1. Cara Merubah bilangan biner ke desimal.


Kalian pasti sudah pernah melihat kode biner, seperti di bawah inikan.
010010101010101001101011

nah tetapi angka 1 dan 0 ini juga dapat mewakili angka sistem desimal. Pertama-tama, saya akan menjelaskan bagaimana caranya membaca angka ini sebagai angka sistem desimal. Kemudian, saya akan memperlihatkan bagaimana caranya mempergunakan angka itu dan menerjemahkannya ke dalam teks.

Sistem Biner:
Di sini adalah satu contoh sederhana dari bilangan biner:

1 0 1 0 0

Dan cara membaca bilangan biner itu mulai dari kanan ke kiri, jadi nya seperti ini :
0 0 1 0 1




untuk menghitung nya, slot pertama di kalikan dengan pangkat satu, slot kedua di kalikan dengan pangkat dua, slot ketiga di kalikan dengan pangkat empat, slot ke empat di kalikan dengan pangkat delapan, begitu seterusnya.

1 0 0 0 = 0 0 0 1 0 0 0 (1000 = 000100)

untuk memperjelas contoh di atas

0 1 = 1

kenapa ? jawab : ( 1*1 ) + ( 0*2 ) = 1 + 0 = 1


langsung ke contoh aja deh biar ada bayangan dan ngerti :

a) 100   
=  (0 * 1) + (0 * 2) + (1 * 4) = 0 + 0 + 4 =

b] 000100
=  (0 * 1)+(0 * 2)+(1 * 4)+(0 * 8)+(0 * 16)+(0 *32)
=  0+0+4+0+0+0 = 4

c) 100000
=  (0 * 1) + (0 * 2) + (0 * 4) + (0 * 8) + (0 * 16) + (1 * 32)
=  0+0+0+0+0+32 = 32

d) 0010   
=  (0 * 1) + (1 * 2) + (0 * 4) + (0 * 8)
=  0 + 2 + 0 + 0 = 2

jawaban :
a) 4
b] 4
c) 32
d) 2

Kalau kalian dah dapet jawaban yang benar di atas, berarti kalian sudah mengerti dasar dari bilangan biner.


2. cara merubah bilangan biner ke code ASCII

untuk lebih lanjut ke posting sebelumnya aja ASCII code..

contoh :
0100100001100101011011000110110001101111

nah sebelumnya kita pisahkan dulu bilangan biner di atas menjadi 8 digit seperti ini
01001000 01100101 01101100 01101100 01101111

nah sekarang kita tinggal menghitung bilangan biner tersebut per 8 digit.
cara menghitung nya seperti ini :

01001000 =  (0*1)+(0*2)+(0*4)+(1*8)+(0*16)+(0*32)+(1*64)+(0*128)
=  0+0+0+8+0+0+64+0 = 72


01100101 = (1*1)+(0*2)+(1*4)+(0*8)+(0*16)+(1*32)+(1*64)+(0*128)
= 1+0+4+0+0+32+64+0 =  101

01101100 = (0*1)+(0*2)+(1*4)+(1*8)+(0*16)+(1*32)+(1*64)+(0*128)
= 0+0+4+8+0+32+64+0 = 108

01101100 = (0*1)+(0*2)+(1*4)+(1*8)+(0*16)+(1*32)+(1*64)+(0*128)
= 0+0+4+8+0+32+64+0 = 108

01101111 = (1*1)+(1*2)+(1*4)+(1*8)+(0*16)+(1*32)+(1*64)+(0*128)
= 1+2+4+8+0+32+64+0 = 111

jadi, hasil nya adalah :

01001000 = 72
01100101 = 101
01101100 = 108
01101100 = 108
01101111 = 111

untuk mengetahui karakter apa yg di hasilkan dari angka 72 itu, cobalah anda tekan ALT + [NO], NO di sini maksud nya adalah angka hasil convert bilangan biner ke desimal.
nanti kalian akan mendapatkan hasil kode ASCII nya.

72 = H
101 = e
108 = l
108 = l
111 = o

jadi hasil biner di atas adalah sebuah kata yaitu ( Hello).

maap kl memang bahasa saya kurang di mengerti karena memang saya tidak pandai berkata-kata jd harap di maklumi.
















KumpulBlogger.com

Reaksi:

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaps gan, tapi nampaknya masih perlu tambahan gan, mampir balek ya, untuk pelengkap saja,,,, thanks

      Substansi :
      SISTEM BILANGAN BINER
      SISTEM BILANGAN OCTAL / OKTAL
      SISTEM BILANGAN DECIMAL / DESIMAL
      SISTEM BILANGAN HEXADECIMAL / HEXADESIMAL
      KONVERSI BILANGAN BINER, OCTAL, DECIMAL/DESIMAL, DAN HEXADECIMAL / HEXADESIMAL
      Contoh Konversi BINER ke DECIMAL
      Contoh Konversi DECIMAL ke BINER
      Contoh Konversi OCTAL/OKTAL ke BINER
      Contoh Konversi HEXADECIMAL / HEXADESIMAL ke DECIMAL/DESIMAL
      Contoh TABEL KEBENARAN SISTEM BILANGAN

      http://gatewawan.blogspot.com/2014/09/mengenal-dan-cara-mengkonversi-sistem-bilangan-biner-oktal-desimal-hexadesimal.html

      Delete
  2. http://www.narotama.ac.id/

    thanks gan

    ReplyDelete

NO SARA
NO ribut
dan no coment :D