About


Friday, October 18, 2013

JENIS - JENIS BAHASA PEMROGRAMAN

Jenis – jenis Bahasa Pemrogaman apa saja ??? mungkin dari beberapa teman pembaca disini sudah pada mengenal bahasa pemrogaman. tapi apa saja jenisnya?? kita simak di bawah ini.
a. Bahasa Mesin
Bahasa mesin adalah bahasa yang berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer.
Bahasa mesin sering juga disebut native code (sangat tergantung pada mesin tertentu).  Bahasa ini merupakan bahasa level terendah dan berupa kode biner: 0 dan 1. Sekumpulan instruksi dalam bahasa mesin dapat membentuk microcode (semacam prosedur dalam bahasa mesin).
Contoh: untuk mesin IBM/370 0001100000110101 = 1835 yang berarti mengkopikan isi register 5 ke register 3
Keuntungan: Eksekusi cepat
Kerugian: Sangat sulit dipelajari manusia
b. Bahasa Assembly
Bahasa assembly adalah bahasa simbol dari bahasa mesin.  Setiap kode bahasa mesin memiliki simbol sendiri dalam bahasa assembly.  Misalnya ADD untuk penjumlahan, MUL untuk perkalian, SUB untuk pengurangan, dan lain-lain.  Sekumpulan kode-kode bahasa assembly dapat membentuk makroinstruksi. Bahasa assembly juga memiliki program pen-debug-nya, tidak seperti bahasa mesin.   Misalnya: Turbo Assembler dan debug pada DOS.
Assembler akan mencocokkan token simbol dari awal s/d akhir, kemudian dikodekan menjadi bahasa mesin.
Kelebihan: Eksekusi cepat, masih bisa dipelajari daripada  bahasa mesin, file hasil sangat kecil Kekurangan: Tetap sulit dipelajari, program sangat panjang.
c. Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa ini lebih dekat dengan bahasa manusia.  Bahasa inilah yang akan dibahas pada matakuliah ini. Bahasa ini juga memberikan banyak sekali fasilitas kemudahan pembuatan program, misalnya: variabel, tipe data, konstanta, struktur kontrol, loop, fungsi, prosedur dan lain-lain.
Contoh: Pascal, Basic, C++, dan Java.Mendukung information hiding, enkapsulasi, dan abstract data type. Bahasa Tingkat tinggi memiliki generasi, misalnya generasi ke-3 (Pascal, C/C++) dan generasi ke-4 (Delphi, VB, VB.NET, Visual Foxpro)
Keuntungan:
- Mudah dipelajari
- Mendekati permasalahan yang akan dipecahkan
- Kode program pendek
Kerugian: Eksekusi lambat
d. Specific Problem Oriented
Bahasa yang berorientasi pada masalah spesifik (specifi problem oriented). Bahasa ini adalah bahasa yang digunakan langsung untuk memecahkan suatu masalah tertentu.  Misalnya SQL untuk database, Regex untuk mencocokkan pola pada string tertentu.  Jenis  bahasa ini juga masuk ke bahasa tingkat tinggi.


0 komentar:

Post a Comment

NO SARA
NO ribut
dan no coment :D