About


Friday, October 18, 2013

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

Perubahan sosial budaya adalah dampak munculnya unsur – unsur yang dapat mengubah nilai, norma, dan kebudayaan masyarakat.
1.      PERUBAHAN SOSIAL
Perubahan sosial merupakansuatu fenomena social yang selalu ada dalam masyarakat. Banyak para ahli social yang berusaha mengkaji dan mempelajari perubahan social secara lebih mendalam sehingga melahirkan pengertian perubahan social yang berbeda – beda sesuai dengan pandangannya masing – masing.

2.      PENDAPAT PARA AHLI MENGENAI PERUBAHAN SOSIAL
a.       Selo Soemardjan
Menurut Selo Soemardjan, perubahan social merupakan perubahan – perubahan yang terjadi pada lembaga – lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi system sosialnya termasuk nilai, sikap – sikap social, dan pola perilaku diantara kelompik – kelompok masyarakat.
b.      William F. Ogburn
William F.Ogburn mengungkapkan bahwa perubahan social merupakan perubahan yang mencakup unsur – unsur kebudayaan, baik material maupun imaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur – unsur kebudayaan  material terhadap imaterial.

Dari kedua pendapat para ahli diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa perubahan social adalah perubahan yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat yang termasuk perubahan system nilai dan norma social, system pelapisan social, struktur social, proses social, pola dan tindakan social warga masyarakat, serta lembaga – lembaga kemasyarakatan.

3.      PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Kebudayaan dihasilkan oleh manusia dalam hidup dengan manusia lain di dalam masyarakat. Tujuannya guna memenuhi kebutuhan nyayang sangat beragam. Koentjaraningrat mengartikan kebudayaan sebagai hasil cipta, rasa, dan karsa manusia. Maka dari itu kebudayaan senantiasa mengalami perubahan – perubahan. Hal itu dimaksudkan untuk mengadakan penyempurnaan terhadap kebudayaan yang telah dihasilkan sebelumnya.

4.      PENDAPAT PARA AHLI MENGENAI PERUBAHAN BUDAYA
a.       Kingsley Davis
Perubahan kebudayaan menurut Davis adalah perubahan yang mencakup segenap cara berpikir dan bertingkah laku, yang timbul karena adanya interaksi yang bersifat komunikatif.
b.      E. B. Taylor
Menurut Taylor, perubahan kebudayaan adalah perubahan yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan setiap kemampuan serta kebiasaan manusia sebagai warga masyarakat.

5.      PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Menurut para ahli social, perubahan social merupakan bagian dari perubahan budaya. Perubahan social merupakan perubahan dalam segi hubungan social. Sedangkan perubahan budaya jauh lebih rumit dari perubahan social. Hal ini terjadi karena dalam perubahan budaya menyangkut lebih banyak aspek.
Perubahan social dan budaya pada dasarnya memiliki aspek yang sama yaitu keduanya berkaitan dengan proses penerimaan cara – cara baru dalam masyarakat untuk memenuhi aneka kebutuhannya.

6.      CIRI – CIRI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Perubahan social dapat diketahui melalui ciri – ciri berikut :
1.      Setiap masyarakat tidak akan berhenti berkembang baik cepat maupun lambat.
2.      Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan akan diikuti dengan perubahan pada lembaga – lembaga social lainnya.
3.      Perubahan tidak dibatasi oleh bidang kebendaan atau bidang spiritual karena keduanya memiliki hubungan timbal balik yang kuat.

7.      BENTUK – BENTUK PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
1.      Perubahan Direncanakan dan Tidak Direncanakan
Perubahan direncanakan adalah perubahan yang dikehendaki, diperkirakan, dan direncanakan sebelumnya oleh pihak – pihak yang menginginkan perubahan tersebut.
Perubahan tidak direncanakan adalah perubahan yang terjadi tanpa disengaja atau tidak diinginkan oleh pihak – pihak yang menginginkan perubahan.

            Perubahan ada yang berjangka waktu cepat da nada juga yang berjangka waktu lambat. Salah satunya yaitu revolusi dan evolusi.
1.      REVOLUSI
Revolusi adalah perubahan yang berlangsung dalam waktu yang cepat dan menyangkut seluruh sendi – sendi pokok kehirupan masyarakat. Ciri khas revolusi antara lain perubahan berlangsung cepat, berskala besar, terjadi tanpa direncanakan sebelumnya, diikuti dengan kekerasan, serta menimbulkan konflik.
2.      EVOLUSI
Evolusi merupakan perubahan yang berjalan lambat dan memerlukan waktu yang lama. Umumnya perubahan evolusi berupa suatu rentetan perubahan kecil mengikutinya secara lambat.

8.      PERUBAHAN BERPENGARUH BESAR DAN KECIL
Perubahan berpengaruh besar adalah perubahan yang membawa pengaruh langusung terhadap kehidupan masyarakat.
Perubahan berpengaruh kecil adalah perubahan yang tidak langsung berpengaruh pada kehidupan masyarakat.


            Dari keterangan – keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwa, perubahan social budaya adalah perubahan yang menyangkut aspek – aspek kehidupan dalam jangka waktu cepat atau lambat yang berpengaruh besar maupun kecil.  

0 komentar:

Post a Comment

NO SARA
NO ribut
dan no coment :D